Lagu-lagu hits Indo yang menyadur dari lagu lain

Judulnya apa banget, hahaha…. Tapi udah banyak yang bahas dan ngelist soal topik ini sih.. Cuman pengen nambahin sama nge-keep aja… Lagi musim kali ya sekarang ciptain lagu populer dengan asal comot alias menyadur bahan dari lagu-lagu mancanegara yang dulunya ngehits atau fenomenal atau malah kebetulan yang jarang terdengar di telinga penikmat musik Indonesia…. Ada yang mengambil sebagian dari musiknya, liriknya, intronya, reffrain/chorus-nya, coda-nya, video klip nya, atau bahkan ngejiplak sama persis… Bukan maksud menjelekkan karya anak negeri, yang lain banyak kok yang kreatif dan inovatif lang lagunya juga kemudian terkenal dan dapet penghargaan πŸ™‚ MungkinΒ juga memang yang mirip2 itu cuma kebetulan mirip atau sengaja recover/recycle. \semoga/

Ini juga hasil survey dari browsing ditambah observasi(?)sendiri πŸ˜€

Berikut adalah daftar lagu-lagu populer di Indonesia yang baik sedikit atau banyak memiliki kemiripan dengan lagu-lagu mancanegara yang sudah dirilis sebelumnya.

1. RINDU by Tuty Wibowo -vs- GUO HUO by Jeff Chang

Aku sampai tanya2 di suatu komen di Youtube gara2 saking penasaran nya. Soalnya pernah denger lagu mandarin persis banget musik dan lirik nya sama lagu dangdut ini… Ternyata kebalik, lagu dangdutnya yang nyadur tu lagu mandarin πŸ˜€

2. BEST FRIEND FOREVER by Cherrybelle -vs- KISSING YOU by SNSD/Girls Generation

Nah kalo ini udah tenar banget perdebatannya. Palagi pas jaman kuliah dulu, suka jadi bahan ngerumpi, wkwk.. Mending kaya JKT48 sekalian, jadi ga masalah kalo mirip…. Tapi ya sudahlah, yang lalu biarlah berlalu(?)… Semoga cukup lagu itu aja.. Jangan sampe mba-mba SNSD enggan konser ke Indo gara2 tau lagunya diplagiat Dx….

3.KATA PUJANGGA by Rhoma Irama -vs-BOLL RADHA BOL by Mukesh, Sangams Songs

Hmmm…kalo ini sih, gimana ya… Musik dangdut sama bollywood kan beda tipis… Gak tau menau juga ada klarifikasinya apa nggak…

4.MIMPI MANIS by Rieke -vs- DUS BAHANE by (i dunno -.-)

5.SHARMILA by Ashraff -vs- DAR LAGTA HAI by Ankh Milate

6.PENGALAMAN PERTAMA by A.Rafiq -vs- DIL KA SOONA SAAZ TARANA DHOONDE GA by Muhammad Rafi

7.BONEKA CANTIK DARI INDIA by Ellya K. -vs- SAMA HAI BAHAR KA by LATA MANGESHKAR

8. SMS by Ria Amalia -vs- DIL USE DO by Muhammad Rafi feat Asha Bhosle

9.HAMIL DULUAN by Tuty Wibowo -vs- MY LECON by JTL

Hnnn… Miapah XDXD

10.CINTA SATU MALAM by Melinda -vs- EVERYTIME WE TOUCH by Cascada

11.ALAY ANAK LAYANGAN by Lolita -vs- MIRAI E by Kiroro

Lagu ini salah satu lagu jepang klasik favorit ku… Dan sudah ada dua yang nyadur.. Yang satunya di nomor berikut 😐

12.SAYANG by Via Vallen dan/atau NDX A.K.A

Mirip.banget. Cuma ada yang ditambahin.gitu aja….

13.TEWAS TERTIMBUN MASA LALU by NDX A.K.A dan/atau Via Vallen -vs- CAN’T FORGIVE by Cha Soo Kyung

Baru tadi pagi nyadar,kaya semacem dejavu. Trus keinget drama korea Temptation of Wife. Lagu Soundtracknya mirip banget sama lagu ini… Pas di chorus terutama…

14. MARI BERCINTA by Aura Kasih -vs- GIVE IT TO YOU by Eve feat Sean Paul

15.IWAK PEYEK by Trio Macan -vs- TAKE’EM ALL by (i dunno-.-)

16.SUAMIKU NAKAL LAGI by RD26 -vs- ZUNEA ZUNEA by Cleopatra Stratan

17.CABE-CABEAN by Imey Imey -vs- ALL THAT SHE WANTS by Ace of Base

18.BERONDONG TUA by Siti Badriyah -vs- NOBODY by Wonder Girls

Yaampyun dah… Hahahhaa… Tetep bagusan versi ori versinya Wonder Girls… B-)

19.CINTA INI MEMBUNUHKU by D’Masiv -vs- I DON’T LOVE YOU by My Chemical Romance (MCR)

Setujuu deh…Intronyaa mirip bangets…

20.BERSAMAMU by Viera -vs- CLOSE by Westlife

Kayak semacem versi terjemahan bahasa indonya πŸ˜€

21. MAKHLUK TUHAN PALING SEXY by Mulan Jameela -vs- TIME IS RUNNING OUT by Muse

22. PANGERAN CINTA by Dewa 19 -vs- IMMIGRANT SONG by Led Zeppelin

23.AISHITERU by Zhivilia -vs- KOKO NI IRU YO by Soulja fear Aoyama Thelma

24.SIANG MALAM by Qiu 9 -vs- SWEAT DREAM by Jang Nara

25.SEJAUH MUNGKIN by Ungu -vs- THE REASON by Hoobastank

Chorusnya persis….

26.CINTA SUCI by Funky Kopral -vs- UNINTENDED by Muse

27. I HEART YOU by SM*SH -vs- BABY by Justin Bieber

………..dst…tbc….. πŸ˜€

Dan masih ada banyak lagi, cuman udah pegel ngetik… Dan itu cuma yang setahuku aja…. Yang aku belum tau mungkin masih banyak….

Anyway, thanks for your visit….

Have a good day….

See you next time πŸ˜‰

Advertisements